Rabu, 05 Mei 2010

Networking

Networking atau jaringan komputer adalah sebuah sarana untuk menghubungkan dua atau lebih komputer melalui sebuah media komunikasi sehingga bisa berbagi informasi (file sharing, printer sharing dan internet sharing).

Jenis-Jenis Jaringan Komputer :

1. Local Area Network (LAN)

LAN (Local Area Network) Adalah hubungan dua komputer atau lebih melalui suatu perantara media sehingga setiap node komputer dapat saling melakukan akses.
Dilihat dari jangkauannya, hubungan LAN hanya dalam suatu lokasi tertentu, misalnya satu ruangan, satu gedung atau antar gedung pada jarak kurang lebih 1 km.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN (Metropolitan Area Network) adalah hubungan antar komputer-komputer dengan area operasi lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN seperti hubungan komputer-komputer di sebuah kota.Untuk media penghubungannya MAN umumnya menggunakan wireless.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN (Wide Area Network) adalah hubungan antar komputer-komputer dalam area geografis sangat luas seperti antar kota, antar propinsi, antar negara atau bahkan antar benua.
Berdasarkan jaraknya, yang dikategorikan sebagai WAN adalah pada jarak >100 km.

4. Storage Area Network (SAN)
SAN (Storage Area Network) adalah koneksi-koneksi server ke device-device penyimpanan melalui teknologi seperti fibre channel. Teknologi SAN banyak digunakan oleh bank yang mempunyai kantor cabang tertersebar di seluruh daerah.




0 komentar:

Posting Komentar